Hello and welcome to beautiful Character Building -Daur Ulang.

Laporan Kegiatan Pembelajaran 3

Pertemuan 3 : Penerapan Kegiatan Daur Ulang

 

Hari/Tanggal : Sabtu/ 28 Oktober 2017

Waktu         : 13:00 A.M. – 15:00 P.M.

Lokasi         : Rumah pelatihan daur ulang di Perumahan Bumi Nasio Indah Jln Apel 1 blok A1 no 3, JatiMekar, Jatiasih,Kota Bekasi , Jawa Barat, 17422, Indonesia.

Tim yang hadir :

Ketua : Nindya Prabowo

Anggota :

  1. Khusnul Khotimah
  2. Oktasanti Puteri Kusumawardhani
  3. Timothy Hudson
  4. Titis Andito
  5. Carolyn Hong Gui Qing
  6. Bintang Nadi Maulana
  7. Andita Bening

Laporan Kegiatan :

Pada hari sabtu, tanggal 28 Oktober 2017 kami berangkat 30 menit lebih awal seperti biasanya menuju ke tempat pelatihan. Jadwal siang hari ini dikarenakan ibu Ani memiliki keperluan pada pagi hari, sehingga kami menyesuaikan dengan ibunya untuk memulai pelatihan pada jam 1 siang.

Hari ini adalah pertemuan yang khusus dimana ibu-ibu rumah tangga yang tinggal di komplek Bumi Nasio Indah akan bergabung dengan pelatihan kami.  Salah satu dari ibu-ibu yang bernama bu Rustin dan teman-temannya juga bercanda ria dan bercerita singkat pada kami mengenai keterampilan melipat yang membutuhkan kesabaran dan ketelitian maksimal. Karena melipat sachet dalam ukuran besar bakal menyusahkan ketika mengait-pasangkan lipatan-lipatan tersebut.

Ibu Ani memutuskan setiap pertemuan akan memiliki topik yang berbeda supaya kegiatan setiap pertemuan berbeda dan kami juga dapat mempelajari aktifitas daur ulang yang bervariasi. Topik kami hari ini adalah membuat bros kupu-kupu dan menargetkan karpet berukuran 1 meter yang akan jadi hari ini juga!

 

Kami pun membagi-bagi tugas, Bintang dan Titis bertugas mengunting sachet dalam ukuran yang ditentukan, Khusnul, Oktasanti dan Nindia yang bertugas mengait-pasangkan lipatan-lipatan sachet, dan saya (Carolyn) , Bening, dan Timothy bertugas untuk melipat sachet. Tantangan untuk merangkai karpet recycling ini sangat menantang sehingga kami serius dan gigih dalam pengerjaannya. Ibu Ani yang baik juga menyiapkan makanan dan minuman berupa gorengan dan teh manis sebagai energy booster kami. Hehe..

Sesi terakhir kami diakhiri dengan pembuatan bros kupu-kupu yang terbuat dari sachet yang digunting dari bagian sisinya dan dipotong menjadi dua bagian , dilipat seperti lipatan kipas dua bagian itu dan dilemkan dengan masing-masing bagian tersebut. Tidak lupa kami juga membuat antenna kupu-kupu dari serpihan sachet yang sesuai ukuran kupu-kupu dan juga pin yang dilemkan dibagian belakang kupu-kupu. Jadilah bros kupu-kupu konsep daur ulang!

 

Kegiatan kami berlangsung lebih lama dari jam yang dijadwalkan. Namun, walaupun lelah kami bersemangat dalam aktivitas daur Ulang yang dapat kami lakukan hari ini.

Terima kasih ibu Ani dan ibu-ibu rumah tangga yang bergabung dengan aktivitas kami hari ini. Semoga pelajaran yang kami dapatkan hari ini bermanfaat di masa yang akan datang dimana kami akan mementingkan daur ulang di lingkungan kami dan sekitarnya . 🙂

 

Posted on 18 November '17 by , under Uncategorized.